Wellcome

Blue Fire Pointer

Senin, 15 Januari 2018

Bahaya Narkoba



Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.



ebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, bahaya narkobadapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf.



Jenis-Jenis Narkoba :


1. Ganja atau Marijuana




Ganja juga dikenal dengan nama marijuana atau cimeng, berasal dari tanaman dengan nama yang sama. Semua bagian dari tanaman tersebut menimbulkan efek candu dan merusak otak. Biasanya yang dikonsumsi adalah bagian bunga, batang, biji, dan daun yang dikeringkan.


2. Heroin atau Putauw



ini berbentuk bubuk. Nama lainnya adalah putauw, bedak, dan etep. Heroin yang belum dicampuri apa pun rasanya pahit. Beberapa pengguna mencampurnya dengan gula, susu bubuk, dan kina agar tidak terlalu pahit.


3. Kokain atau Cocaine



Kokaina atau kokain adalah senyawa sintetis yang dapat memicu atau mengahancurkan metabolisme sel menjadi berkali-kali lipat lebih cepat.


4. Jenis Jenis Narkoba | LSD (Lysergyc Acid Diethylamide)



LSD atau disebut juga Lysergyc Acid Diethylamide adalah jenis narkotika sintetis yang terbuat dari saripati ergot. Ergot adalah sejenis tumbuhan biji bijian semacam beras atau gandum yang terserang penyakit jamur. Ergot kemudian diolah menjadi LSD.


5. Jenis Jenis Narkoba | Sabu- Sabu atau Meth



Sabu (shabu) adalah jenis narkoba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Nama lainnya adalah meth, metamfetamin, kristal, kapur, dan es. Bentuknya putih, tidak berbau, dan rasanya pahit.


6. Jenis Narkotika | Ekstasi atau Inex / MDMA



Salah satu jenis obat-obatan terlarang jenis psikotropika adalah ekstasi. Jenis ini menimbulkan efek kesadaran indra yang lebih peka.


7. Jenis Jenis Narkoba | Morfin atau Morphine



Morfin merupakan getah opium yang dicampur dan diolah dengan zat-zat kimia tertentu yang mempunyai daya analgesik kuat berbentuk kristal, tidak berbau serta memiliki warna putih dan berubah menjadi kecoklatan.


8. Jenis Jenis Narkoba Berbahaya | Flakka




Flakka adalah jenis narkoba paling berbahaya saat ini. Efek dari narkoba berbentuk kristal putih atau pink dengan bau menyengat ini membuat penggunanya bertingkah liar dan hilang kendali seperti zombie.


9. Jenis Jenis Narkoba | Tembakau Gorila



Tembakau gorila mengandung campuran cairan ganja sintetis atau Synthetic Cannabinoid. Efek penggunaan narkotika kategori golongan 1 ini adalah cannabinoid, halusinogen, toxic dan bermalas- malasan pada penggunanya.


10. Crack Coccaine



Dalam penggunaannya, Ketika dipanaskan obat terlarang jenis kokain tersebut mengeluarkan bunyi letupan “crack..crack”, sehingga kemudian dinamai “Crack Coccaine”. Crack Kokain memberikan efek yang sangat kuat dan cepat namun cepat pudar.


11. Metadon


Metadon adalah narkotik sintetis yang memiliki efek kuat seperti putaw (heroin) atau morfin. Namun tidak memiliki efek sedatif yang kuat. Metadon biasanya digunakan pada pengobatan untuk pemulihan pengguna heroin.


12. Barbiturat



Barbiturat adalah obat penenang yang digunakan untuk mengurangi aktivitas di otak atau depresan sistem saraf pusat. ia menimbulkan efek kecanduan dan berbahaya ketika digunakan bersamaan dengan alkohol.


13. PCP atau Angel Dust



Angel Dust atau Phencyclidine (PCP) sebetulnya digunakan untuk anestesi atau pembiusan dalam bidang kedokteran. Namun disalahgunakan penggunaannya oleh produsen ilegal yang memproduksi obai ini dalam bentuk bubuk dan cair.


14. Zat Adiktif : Alkohol





15. Zat Adiktif : Nikotin







1) Bahaya narkoba terhadap fisik
Gangguan pada sistem syaraf (neurologis)
Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler)
Gangguan pada kulit (deratologis)
Gangguan pada paru-paru (pulmoner)
Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan insomnia 



2) Bahaya narkoba terhadap psikologi

Kerja lamban dan seroboh, sering tegang dan gelisah
Hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.



3) Bahaya narkoba terhadap lingkungan sosial
Gangguan mental
Anti-sosial dan asusila
Dikucilkan oleh lingkungan
Merepotkan dan menjadi beban keluarga
Pendidikan menjadi terganggu dan masa depan suram






0 komentar:

Posting Komentar

"Cara Awal Membuat Blogger"

Bin's Tutorial :  1.) Buka halaman web Blogger.com , Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di atas ini. Jika A...